Pemodelan perangkat lunak adalah disiplin ilmu untuk mempelajari bentuk-bentuk pemodelan perangkat lunak yang digunakan sebagai bagian dari tahapan pengembangan perangkat lunak secara terstruktur dan berorientasi objek.
kenapa harus mempelajari pemodelan perangkat lunak???
karena:
- sebuah perangkat lunak perlu dikembangkan lebih dari satu orang
-supaya orang lain dapat mempelajari perangkat lunak yang kita kembangkan.
kenapa harus mempelajari pemodelan perangkat lunak???
karena:
- sebuah perangkat lunak perlu dikembangkan lebih dari satu orang
-supaya orang lain dapat mempelajari perangkat lunak yang kita kembangkan.
Tahapan pengembangan perangkat lunak
Analisis
Tujuan: - menganalisis situasi untuk menentukan spesifikasi dan struktur pengguna dan menyeleksi fitur sistem.
Proses: - penjadwalan
- analisis kebutuhan.
Hasil: - target waktu pengerjaan.
- spesifikasi perangkat lunak.
Desain
Tujuan: - mendapatkan dan menstrukturkan kebutuhan sistem secara keseluruhan.
- mengembangkan spesifikasi teknologi.
Proses: - membuat diagram.
- membuat user interface.
Hasil: - spesifikasi tampilan, proses, dan laporan.
- struktur program, basis data, perancangan terstruktur.
Coding
Tujuan: - menghasilkan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan.
Proses: - menulis program, membuat database, menginstal dan menguji sistem.
Hasil: - sebuah perangkat lunak dan dokumentasinya.
Pengujian/Testing
Tujuan: - untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas perangkat lunak.
- memeriksa bug dan error.
Proses: - black box testing (interface, hasil).
- white box testing (struktur program, logika).
Hasil: - perbaikan perangkat lunak dari bug dan error.
Komentar
Posting Komentar