Pemodelan perangkat lunak

Pemodelan perangkat lunak adalah disiplin ilmu untuk mempelajari bentuk-bentuk pemodelan perangkat lunak yang digunakan sebagai bagian dari tahapan pengembangan perangkat lunak secara terstruktur dan berorientasi objek.

kenapa harus mempelajari pemodelan perangkat lunak???

karena:
 - sebuah perangkat lunak perlu dikembangkan lebih dari satu orang

   -supaya orang lain dapat mempelajari perangkat lunak yang kita kembangkan.

Tahapan pengembangan perangkat lunak

Analisis

Tujuan: - menganalisis situasi untuk menentukan spesifikasi dan struktur pengguna dan menyeleksi fitur sistem.

Proses: - penjadwalan 
             - analisis kebutuhan.

Hasil: - target waktu pengerjaan.
            - spesifikasi perangkat lunak.

Desain

Tujuan: - mendapatkan dan menstrukturkan kebutuhan sistem secara keseluruhan. 
               - mengembangkan spesifikasi teknologi.

Proses: - membuat diagram.
              - membuat user interface.

Hasil: - spesifikasi tampilan, proses, dan laporan.
            - struktur program, basis data, perancangan terstruktur.

Coding

Tujuan: - menghasilkan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan. 

Proses: - menulis program, membuat database, menginstal dan menguji sistem.

Hasil: - sebuah perangkat lunak dan dokumentasinya.

Pengujian/Testing

Tujuan: - untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas perangkat lunak.
               - memeriksa bug dan error. 

Proses: - black box testing (interface, hasil).
             - white box testing (struktur program, logika).

Hasil: - perbaikan perangkat lunak dari bug dan error.
           - perangkat lunak yang siap pakai.

baca juga:macam2 model pengembangan perangkat lunak

Komentar