Flowchart

Flowchart atau diagram alir adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah. Diagram alir digunakan untuk menganalisa, mendesain, mendokumentasi atau memanajemen sebuah proses atau program di berbagai bidang.

Diagram alir digunakan untuk mendesain dan mendokumentasi proses atau program sederhana. Seperti jenis diagram lainnya, diagram ini membantu menggambarkan apa yang sedang terjadi dan dengan demikian membantu mengerti sebuah proses. Dan mungkin saja menentukan kekurangan fitur, atau bagian yang kurang jelas didalam sebuah proses.

Di dalam praktiknya flowchart ini digunakan untuk membuat suatu program menjadi sempurna. misalnya, bagi anak smk untuk ujian akhir atau mahasiswa jurusan IT di setiap makalahnya. Nanti juga kalian akan bertemu dengan namanya DFD (Data Flow Diagram) dan ERD (Entity Relationship Diagram)

Jenis-Jenis Flowchart

Flowchart Dokumen 

adalah Jenis flowchart yang menunjukan kontrol sebuah sistem aliran dokumen. Bagan dari flowchart data ini menunjukan arus data dari laporan dan formulir tembusan.

Flowchart Data 

adalah Jenis flowchart yang menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran data.

Flowchart Sistem 

adalah Jenis flowchart yang menunjukkan kontrol dari sebuah sistem aliran secara fisik. Bagan dari flowchart data ini menunjukan apa yang dikerjakan oleh sebuah sistem.

Flowchart Program

adalah Jenis flowchart yang menunjukkan kontrol dari sebuah program dalam sebuah sistem.Bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program.


Baca juga: simbol2 flowchart
sumber :wikipedia

Komentar