Bagian-bagian program c++

c++

 pengarah compiler atau File Header

File Header adalah file yang berisi deklarasi, baik berupa konstanta, fungsi, kelas, namespace, dan sebagainya. Ingat hanya berisi deklarasi. Apabila berupa fungsi, yang tertulis dalam file header hanya prototipenya saja. File ini tidak berisi implementasi atau kode-kode program dari fungsi atau kelas yang didefinisikan di dalamnya.


C++ menyediakan banyak file header untuk berbagai macam keperluan. perlu diketahui bahwa sebagian besar file header dalam C++ standar sudah tidak memiliki ekstensi ".h" , misalnya <iostream> , <string> , <cstring> dan sebagainya. dalam C++ klasik / tradisional, ekstensi ".h" wajib disertakan, misalnya <iostream.h> , <string.h> , <cstring.h> dan sebagainya.


 Bagian Deklarasi dan Bagian Definisi

Semua program C pada dasarnya tersusun dari rangkaian pemanggilan fungsi yang bekerja atas sekelompok data. Selain pemanggilan fungsi, program C mengandung komponen lain yang disebut statement. Statement C ada dua, yaitu:

statement yang tidak dapat dieksekusi / non executable (bila dikompilasi tidak menghasilkan kode objek dan biasanya digunakan untuk mengatur alur program).

statement yang dapat dieksekusi / executable (bila dikompilasi akan menghasilkan kode objek). Setiap pemanggilan fungsi maupun statement executable dalam C harus diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ).

Main () adalah contoh fungsi, sedangkan "contoh variabel" adalah contoh data. Baik data maupun fungsi harus dideklarasikan. Data perlu dideklarasikan agar compiler tahu berapa byte memori yang harus disediakan untuk data yang bersangkutan, sedangkan fungsi perlu dideklarasikan agar compiler dapat memeriksa ketepatan pemanggilan fungsi yang bersangkutan.

Bagian komentar

Program yang baik pada umumnya diberi komentar yang akan membantu orang lain maupun pembuat program itu untuk memahami program yang dibuat. Dalam C atau C++ setiap tulisan yang diapit oleh symbol /* … */ atau setiap baris yang dimulai dengan symbol // dianggap komentar. C++ tidak mengizinkan komentar bersarang ( nested comment), namun Borland C++ lebih fleksibel dalam hal ini. ini merupakan salah satu alat yang sangat penting meskipun tidak berpengaruh untuk pembacaan program.

Perbedaan "/*...*/" dan "//"

/* komentar */

/*...*/ digunakan untuk memberi tanda komentar pada pernyataan. Dimulai dari tanda /* dan akan diakhiri dimana saja dengan tanda */ . biasanya komentar jenis ini digunakan untuk menuliskan komentar yang banyaknya lebih dari satu baris.

// komentar
penggunaan // digunakan untuk memberi komentar hanya dibaris itu atau setelah tanda //.


#include <iostream> //File Header

using namespace std; //File Header

int main () { //Deklarasi
     int contohvariabel = 1; //Deklarasi
     // Menampilkan tulisan Hello World ke Layar
     cout<<"Hello World"; //Definisi

     return 0; //Definisi
}

Komentar