Perangkat Lunak


Pengertian Perangkat Lunak

Perangkat lunak (Software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, didalamnya termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang dapat dibaca, dan ditulis oleh komputer. Perangkat lunak juga dapat dikatakan sebagai bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini digunakan untuk menonjolkan perbedaannya dengan Hardware (perangkat keras) komputer.

Karena disebut sebagai perangkat lunak (software), maka sifatnya juga berbeda dengan perangkat keras (hardware), jika hardware merupakan perangkat yang nyata yang dapat dilihat dengan jelas oleh mata dan dipegang secara langsung, maka software tidak dapat dipegang dan dilihat fisik bentuknya. Software memang tidak nampak secara fisik / berwujud benda, namun software dapat dioperasikan dan dijalankan.

Fungsi Perangkat Lunak

fungsi perangkat lunak, yaitu :

- Sebagai pemroses data ataupun perintah dan juga instruksi sehingga memperoleh hasil yang diinginkan ataupun menjalankan sebuah perintah.

- Sebagai sarana interaksi yang menghubungkan user dengan sebuah perangkat keras (hardware).

Jenis-jenis Perangkat Lunak

Perangkat lunak juga memiliki berbagai jenis yaitu :

1. Perangkat lunak aplikasi (software application)

Perangkat lunak aplikasi (software application) merupakan suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melaksanakan sebuah tugas yang di instruksikan pengguna. Contoh umum perangkat lunak aplikasi ialah pengolah kata seperti Microsoft Office dan atom serta pemutar media seperti Windows Media Player, dan km player.

2. Pengendali perangkat keras (device driver)

Device driver dapat dikatakan sebagai penghubung antara perangkat perangkat keras dan komputer, misalnya menghubungkan penggunakan barcode scanner pada aplikasi database nya, contoh aplikasi yang dipake di swalayan.

3. Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)

Perangkat lunak sumber terbuka adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, dimodifikasi, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, biasanya dikembangkan oleh sebuah komunitas yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Produk perangkat lunak yang dihasilkan ini biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu.

4. Perangkat lunak perusak (malware)

Perangkat lunak perusak / perangkat berbahaya (malware) adalah perangkat lunak yang dibuat untuk merusak atau menyusup ke sistem komputer atau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik sah.

5. Perangkat lunak gratis (freeware)

Freeware merupakan perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan untuk selamanya, berbeda dari shareware (perangkat lunak uji coba) yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu 1 bulan atau untuk memperoleh fitur tambahan).

6. Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)

Perangkat lunak uji coba mengacu kepada perangkat lunak berpemilik yang disediakan untuk pengguna tanpa membayar secara uji coba dan sering di batasi oleh kombinasi dari fungsi, ketersedian, atau kenyamanan. Perangkat lunak uji coba sering ditawarkan untuk memeberikan calon pembeli kesempatan untuk mencoba menggunakan program sebelum membeli lisensi untuk versi lengkap dari perangkat lunak tersebut.

7. Perangkat lunak menetap (firmware)

Perangkat lunak menetap (firmware) adalah istilah yang mengacu kepada perangkat lunak yang disimpan di dalam Memori Hanya Baca (ROM). Tidak seperti Memori Akses Acak(RAM), Memori Hanya Baca tidak akan dapat berubah meski tidak dialiri listrik.

8. Sistem operasi (operating system)

Sistem Operasi (Operating System) adalah perangkat lunak komputer (software) yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak lain

9. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool)

Pengertian Software development tool adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membuat, mendebug, maintain (merawat / memelihara) dan mengembangkan perangkat lunak lainnya. seperti IDE

baca juga: pemodelan perangkat lunak

Komentar