Fungsi dan jenis Informasi

informasi
informasi

Fungsi Informasi

Sebelum menyampaikan informasi, terlebih dahulu Anda harus memahami fungsi dari informasi agar apa yang Anda sampaikan memiliki manfaat kepada pendengar. berikut beberapa fungsi dari sebuah informasi.

1.Sumber Berita

Informasi dapat digunakan untuk menyiarkan suatu berita yang tengah terjadi. Sebagai contoh, informasi yang Anda peroleh dari berbagai media, seperti televisi, koran atau lainnya menjadi salah satu informasi yang dapat Anda terima.

2.Sumber Hiburan

Sebuah informasi juga memiliki fungsi sebagai media hiburan. Informasi tersebut dikemas dengan bahasa yang ringan dan santai disertai dengan gambar yang menarik sehingga Anda menjadi terhibur dengan informasi yang telah diterima.

3.Sumber Pengetahuan

Suatu informasi dapat dijadikan sebagai sumber pengetahuan. Mengapa demikian? Informasi yang anda terima dari komunikator berdasarkan sumber yang valid akan menambah pengetahuan bagi Anda sebagai pendengar.

4.Menyatukan Pendapat

Dengan adanya informasi kita dapat menyadari bahwa setiap orang memiliki pendapat yang berbeda karena itu kita dapat bertukar pendapat dan saling berbagi dan akhirnya dapat menyatukan perbedaan pendapat.

5.Menghilangkan Keraguan

Dengan informasi, maka dapat menghilangkan keraguan. Mengapa? jika anda memiliki suatu pemahaman akan tetapi anda tidak yakin tentang pemahaman anda, maka anda dapat mencari informasi dari berbagai sumber untuk meyakinkan diri anda bahwa pemahaman anda benar atau tidak sehingga anda dapat mengilangkan keraguan yang ada dalam diri anda.

6.Mempengaruhi Seseorang

Sebuah informasi yang Anda peroleh, secara tidak langsung dapat mempengaruhi seseorang. contohnya, informasi tersebut berisi tentang keburukan seseorang atau masa kelam orang itu, dengan menerima informasi tersebut Anda bisa saja percaya atau bahkan menjadi tidak simpati dan mungkin membenci pihak yang bersangkutan.

7.Sosialisasi Tentang sesuatu

Biasanya, ketika ada suatu kebijakan/informasi baru dalam suatu lingkungan, maka perlu dilakukan sosialisasi agar masyarakat mengetahuinya. sosialisasi tersebut juga merupakan suatu bagian dari bentuk informasi

Jenis-jenis informasi

Jenis Informasi Berdasarkan Kegunaan

Jika dilihat berdasarkan kegunaannya, informasi dibagi menjadi :

Informasi yang Menambah Pengetahuan : Suatu informasi dapat menambah pengetahuan yang belum Anda ketahui sebelumnya.

Informasi yang Berdasarkan Penyajian : Informasi dapat juga disajikan ke dalam beberapa bentuk, seperti berita, artikel, dan lainnya.

Jenis Informasi Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya informasi terbagi kedalam beberapa bagian, yaitu :

Faktual: Informasi faktual berarti informasi yang berupa fakta atau kenyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya.

Deskripsi : Informasi berbentuk deskripsi maksudnya informasi yang didalamnya berisi segala penjelasan sesuatu secara rinci.

Opini atau Konsep : Informasi juga dapat menjelaskan pendapat yang dikemukakan oleh orang lain.

Jenis Informasi Berdasarkan Lokasi Kejadian

Informasi yang dibuat berdasarkan lokasi kejadian terbagi kedalam dua bagian, yaitu informasi dalam negeri dan informasi luar negeri.

Jenis Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Informasi tersebut dibuat kedalam beberapa kategori, seperti :
- pendidikan,
- olahraga,
- kesehatan,
- gaya hidup dan lainnya

Komentar